INFO ATLM

CPD ONLINE PATELKI

http://www.patelki.cpdnakes.org/

Saat menjelang masa berlaku STR berakhir, Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) disibukkan dengan aturan yang mengharuskan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) bagi yang ingin bekerja.
Perolehan STR DAN RE STR itu saat ini masih dapat dilakukan dengan sistem  PORTOFOLIO. Namun tahun 2017 akan diselenggarakan Ujian Kompetensi (Evaluasi Kemampuan) bagi ATLM guna mendapatkan STR, yang terlebih dahulu harus lulus pada Uji Kompetensi tersebut dengan memperoleh Sertifikat Kompetensi yang menjadi syarat untuk memperoleh STR. Sehingga, saat Uji kompetensi telah diberlakukan, maka dengan sendirinya pengurusan STR melalui portofolio akan dihapuskan.

Bagi ATLM yang telah memiliki STR, dan telah memasuki batas masa berlakunya, harus segera memperpanjang STR nya (RE STR/RE SERTIFIKASI), yang mana proses ini dapat dilakukan dengan 2 jalur, yaitu :
  1. PORTOFOLIO ( Mengumpulkan SKP sebanyak 25 SKP)
  2. UJI KOMPETENSI (Lulus Uji Kompetensi / Bersertifikat Kompetensi)

Bagi ATLM yang memilih untuk RE STR melalui PORTOFOLIO, harus sedini mungkin mengumpulkan SKP sebanyak 25 SKP. Yang nantinya setelah mencapai SKP tersebut, akan mendapatkan Surat Rekomendasi Re STR dari Patelki untuk selanjutnya dipergunakan sebagai syarat kelengkapan dalam memperpanjang STR di MTKI melalui MTKP.

Untuk mengumpulkan 25 SKP, ATLM harus melakukan fungsi P2KB sebagai ATLM, yakni pelayanan keprofesian, pendidikan berkelanjutan, Pengabdian profesi masyarakat, Pengembangan profesi, dan publikasi ilmiah.

Saat ini PATELKI meluncurkan sistemCPD ONLINE untuk membantu ATLM menghitung SKP yang telah diperoleh, dan juga memberikan kemandirian ATLM untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan yang dapat bernilai SKP.

CPD ONLINE merupakan sistem berbasis online, yang merupakan peluncuran pertama oleh tenaga kesehatan untuk RE STR, yang mana PATELKI sebagai Organisasi Profesi yang menjadi percontohan untuk program ini. Program ini tentunya akan lebih bermanfaat tatkala semua ATLM dapat mengaksesnya, dan dapat mengelolanya secara mandiri.

Subscribe to receive free email updates: